Pengantar Organisasi (Organisasi dan Globalisasi)

Perkembangan organisasi mengalami berbagai perbuahan, mulai dari teori klasik, neo klasik sampai pada teori moderen. Dengan perkembangan era globalisasi memicu berkembang pula sistem sistem organisasi. Era globalisasi telah memberikan perubahan pada berbagai dimensi kehidupan. Era kesejagatan yang tidak dibatasi waktu dan tempat membuat sumber daya manusia yang ada akan menjadi faktor yang sangat penting sekali dalam mengisi era globalisasi. Tantangan globalisasi yang begitu besar pengaruhnya dalam berbagai bidang keilmuan tak terkecuali organisasi. Secara singkat Tilaar (1999: 352) mengartikan bahwa ” Era globalisasi merupakan suatu tatanan kehidupan manusia yang secara global telah melibatkan seluruh umat manusia”.

Secara khusus gelombang globalisasi itu memasuki dua dimensi penting yaitu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi pemicu dalam mendorong segala dimensi kehidupan untuk menyesuaikannya seperti ekonomi, budaya, politik bahkan pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tulang punggung peradaban saat ini dalam mengisi era abad 21 yang penuh dengan kompetisi dan tantangan-tantangan. Negara satu dengan negara yang lainnya seakan menjadi dekat karena ruang dan waktu dapat diatasi oleh kecanggihan teknologi hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat-sangat pesat., hal ini juga mendorong organisasi untuk terus mengikuti perkembangan.

Perkembangan  abad 21 Peter F. Drucker  menggambarkan sebuah ”Keberlangsungan pembangunan sebuah bangsa bukan lagi bersandar pada modal, besarnya tenaga kerja ataupun penguasaan wilayah, namun akan tercipta oleh kemampuan mengembangkan daya inovasi yang didasari pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi”

Semakin kompleksnya kehidupan dan berbagai permasalahan akan mendorong organisasi untuk dapat menyesuaikan diri bahkan harus tetap mempertahankan kelangsungan hidupnya. Perubahan sistem mulai dari fungsi, komponen organisasi harus senantiasa sejalan dengan tujuan dan perkembangan zaman.

(Organisasi yang tidak mengikuti perkembangan zaman niscaya akan semakin tertinggal bahkan terlupakan, begitu juga dengan organisasi sekolah,)

Rujukan

Abdul Azis Wahab (2008) Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta,

Boone, Louis E and Bowen Donal D. (19980) The Great Writing In Management and Organizational Behavior, Tulsa: PennWell Books.

Asep Iryanto


Buat Lencana Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: