PERBEDAAAN DAN KETERHUBUNGAN LATIHAN, PENGAJARAN DAN PENDIDIKAN

gan

bagan

Apa maksud dari latihan

Menurut Prof. Dadang suhardan dalam kesemaptan perkuliahan di pasca sarajana pelatihan adalah Proses pengulangan perbuatan yg sama untuk memperoleh kemahiran/keterampilan (Habbit formation), kebiasaan atau keterampilan motorik, menunjuk pada aspek psikomotorik.

(Dasarnya mengulan perbuatan yang sama untuk memperoleh kemahiran). Belajar merupakan sebuah sistem dari latihan. Latihan lebih focus kepada motorik.

Apa makna dari pengajaran

Menurut Prof. Dadang suhardan “Proses memberikan pengalaman belajar untuk memperoleh IPTEK. Pengajaran menunjukan pada aspek kognitif. Pengajaran menyangkut perolehan pengetahuan melalui pengalaman indrawai/sensori, melalui alat indra dan aktivitas intelektual terutama proses berfikir”.  (Pengajaran disebut juga pendidikan intelektual)

Pengajaran bukan hanya proses menyampaikan materi yang hanya sekedar guru berbicara di depan kelas tetapi…

Apa pendidikan

Pendidikan adalah usaha membantu anak untuk meraih kedewasaan, untuk menjadi manusia yang memiliki integritas ;

  1. Bastotan Fil ilmi wal Jismi
  2. Kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
  3. IPTEK (alat untuk memudahkan dalam belajar)
  4. Memiliki kemampuan : intelektual, emosi, sosial, etika/susila. Pengetahuan, kemahiran dan teknologi dan keterampilan.

Pendidikan adalah totalitas, artinya membentuk jati diri bangsa bukan hanya dilihat dari aspek kognitif, afektif ataupun psikomotor saja, tetapi mencakup secara kesuluruhan. Pendidikan yang berkualitas akan memberikan dampak pada kesejahteraan sebuah bangsa.

Pendidikan didalamnya mencakup pealtihan dan pengajaran. Pendidikan merupakan nilai dari sebuah kebenaran.

Kedewasaan menuju mandiri. Ciri orang dewasa.

  1. Tangggung jawab, sanggup mengambil resiko
  2. Mengambil putusan; memiliki pengetahuan dalam mengambil keputusan agar putusan tersebut benar
  3. Otonom; Berdiri sendiri. Sudah memiliki keyakinan sendiri

Pendidikan dalam kajian yuridis di Indonesia khususnya UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 dalam pasal 1 ayat 1 pendidikan diartikan “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar danproses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara

Pendidikan secara formal

Dalam dimensi pendidikan dari kacamata yuridis khususnya UU Sisdiknas No 20 tahun 2003  pendidikan dibagi dalam ruang lingkup formal, non formal dan informal. Pendidikan merupakan proses melatih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan, akal dam kepribadian yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan persekolahan.  (Sekolah merupakan  tempat berlangsungnya proses belajar mengajar).

Pendidikan berasal dari kata e + ducare = to bring up = menjadikan anak tumbuh dan berkembang menjadi dewasa/mendewasakan anak. Education…systematic study of the method and theories of teaching and learning. To train, or devlop knowledge, skill, mind, or character of by formal schooling. Education is the process of training and developing of knowledge, skill mind and charater by formal schooling.

Pendidikan adalah inovasi, karena dengan mendidik akan diarahkan untuk merubah anak untuk menjadi dewasa.

Fungsi pendidikan

Fungsi utama dari sebuah pendidikan adalah “memberantas kebodohan dan kemiskinan supaya terhindar dari “Khadal Fakru Ayyakunna kufron”

Kasih sayang sebagai pondasi dari sebuah pendidikan

Proses pendidikan harus didasarkan pada kasih sayang, artinya guru mengajar kepada anak harus didasarkan pada kasih sayang, tanpa kasih sayang anak hanya mendapatkan sebuah pengetahuan saja tanpa mendapatkan keteguhan nilai dalam mengaktualisasikan ilmu yang diadapat tersebut.

“Pendidikan harus didasari oleh kasih sayang dan profesionalisme. Kasih sayang dan profesionalisme bukan hanya ditekankan pada hanya sosok guru saja, tetapi harus menjadi kewajiban semual elemen yg terlibat dalam dunia pendidikan” selamat hari pendidikan..terimaksih untuk guruku..

Satu Tanggapan

  1. Menarik sekali pendapat anda tentang fungsi pendidikan sebagai mendia pengantasan kemiskinan, sehingga dengan terhindar dari kemiskinan akant terhinar dari kekufuran. namun dalam suatu kesempatan Imam syafii juga menegaskan bahwa ilmu tidak dapat didapatkan kecuali dengan 6 perkara, salahsatunya Dirham (uang). pertanyaanya sebenarnya Kaya dulu kemudian Pintar atau Pintar Dulu kemudian Kaya? trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: