Mendesain kelas online di “gnomio”

Setelah memiliki desain kelas online rekan-rekan mulai mengikuti panduan penyusunan yg di gnomio. sebagai berikut (saya ambul dari bacaan dan tugas sesi 3)

1. Buka web http://gnomio.com/

2. Setelah terbuka isi Site Name: (isi site name ini dengan alamat yang anda inginkan; contoh “asep” maka akan keluar nantinya alamat anda jadi ” http//:asep.mdl.gnomio.com

3. Isi email anda;

4. isi security code sesuaikan dengan yang tertera pada image diatasnya.

5. Kemudian klik “aktif your site” maka alamat kelas online anda akatif.

Site Name: .gnomio.com

Only lowercase letters and numbers. (2-12 Chars)

 

E-mail: 

We promise not to use your e-mail for anything else.

Security Image: 

Click on it to get a different one
Security Code: 

Please enter the word you see in the image

6. Masuk ke email anda kemudian lihat di inbok atau kotak masuk ada email dari gnomio, disana diperlihatkan aktif untuk link alamat anda dan juga “username sekaligus password yang dikasih oleh gnomio.

7. Klik alamat kelas online di gnomio anda contoh (asep.gnomio.com), kemudian log in dengan username dan password yang diberikan di email anda.

8. Jika anda berhasil, maka anda telah berhasil membuat kelas online induk anda, tetapi ingat kelas online anda masih kosong. untuk mengeditnya ikuti panduan selanjutnya.

9. Edit username dan password anda

Supaya Anda gampang mengingat username dan password Anda, Anda dapat mengubahnya dengan melakukan pengaturan:

– Pada site administration (sebelah kiri) klik bagian user keemudian account kemudian browse list of user. disana terlihat user anda dengan nama “admin” kemudian sebalah kanannya edit. editlah username anda dan samakan  dengan username dan passwordnya dengan ketika log in di kelas online ini (untuk memudahkan supaya tidak lupa) setelah isilah data diri anda dan kemudian klik update profile.

– Membuat account peserta /pengajar. Caranya masih pada tabel tadi (browse list o user. klik “ad new user” masukan nama user nya asep dan kemdian passwordnya Contoh12 (Password harus ada hurup besar dan gabungan hurup dan angka) dan isilah nama lengkap saya asep iryanto dan email iryanto01@yahoo.co.id dan kemudian lengkapi yg ada. setelah itu update profile. maka anda telah membuat account baru untuk peserta sebagai contoh mahasiswanya adalah asep iryanto. Begitulah selanjutnya jika anda mau membuat account mahasiswa ataupun dosen lain.

10 Edit tampilan/layout kelas anda

Untuk mempercantik dan atau untuk membantu memperjelas tujuan Anda dalam kelas online yang sesuai dengan mata kuliah yang Anda pilih dapat dilakukan pengeditan dalam tampilan. Misalnya dengan cara mengganti tema, cara merubah tema yaitu dengan melakukan pemilihan tema pada site administration di sebalah kiri klik appereance dan klik theme, setelah muncul beberapa tema kemudian pilih tema yang kita inginkan dan aktifkan.

11 Buat ruang kelas sesuai dengan mata kuliah atau mata pelajaran yang diinginkan

Untuk membuat ruang kelas kita harus menentukan beberapa hal yang sebelumnya telah dianalisis dalam pertemuan sesi pertama, dan juga disesuaikan dengan desain kelas online kita (yg file word) cara membuat ruang kelas nya sebagai berikut:

– Masih pada site administration sebelah kiri klik “courses” kemudian klik kategori kursus dan buatlah jurusan PGSD misalkan. setelah itu barulah buat ad /edit courses kemudian klik ad new course (ini inti dari ruangkelas) pilih kategori paling atas contoh PGSD, kemudian isilah fulname course dengan Matakuliah manajemen kelas (contoh anda sesuaikan dengan desain kelas anda) short name sesuaikan dengan kode mata kuliah. dan kemudian isilah summary /ringkasan dari mata kuliah anda diusahakan jangan terlalu panjang cukup tujuan mata kuliah atau gamabran umum saja.

– Kemudian plih format ( biasa gunakan topic format supaya sesuai dengan desain pembelajaran).

– Pilih nomber of topics (yaitu jumlah sesi atau topik sesuai dengan desain kelas online kita) misalkan pilih  7 sesi

– Untuk ke bawahnya silahkan diatur saja sesuai dengan keinginan dan setelah itu klik save change paling bawah

– kemudian akan muncul asign rule. Itu gunanya untuk mengelola siapa aja yang jadi administrtator, pengajar, dan juga peserta didiknya. Contoh klik teacher maka akan muncul dua nama tadi (yaitu nama anda dan juga username asep yang tadi telah dibuat) kemudian klik nama anda dan juga nama asep iryanto kemudian klik ad . maka dua nama tersebut pindah ke sebalah kiri. Jika sudah selsai, setelah itu klik paling bawah assign rules incourse maka akan kembali ke format tadi.

– klik lah “click here to enter course” maka terbukalah kelas online anda

12 Edit ruang kelas anda masukan topik pertopik

Setelah dilakukan sebagaimana petunjuk bagian 12, kemudian kelas yang telah kita buat diatur berdasarkan topik yang telah kita pilih, misalnya pertemuan pertama Pokok bahasan yang akan dibahas Judulnya apa, bagaimana ringkas tentang materi tersebut, konsep-konsep yang harus dipahami, sumber bacaaan, forum diskusi (tema dan bentuk diskusi), bentuk tugas, dan sampai pada penilaian/evaluasi yang bisa dilakukan memalui Kuis dan atau e Portofolio. Hal tersebut dilakukan pada masing-masing topik sebanyak topik yang telah kita tentukan sebelumnya.

13. Untuk mengedit ruang kelas perhatikan tombol sebalah kanan atas ada klik kata ” turn editing on” maka anda siap untuk melakukan edit di ruang kelas anda.

     –  Gambar menulis adalah untuk mengedit atau memasukan kata. contoh dibawah topic outline ada gambar menulis klik itu. dan kemudian ketiklah pengantar mata kuliah anda seperti yang ada di SAP (satuan acara perkuliahan) disebutkan tujuannya apa, metodenya apa, komponen amterinya apa dan lain-lain (sebagai pengantar perkuliahan). kemudian save change maka akan terlihat pengantar mata kuliah anda.

    – Kemudian editlah sesi persesi yang ada angkanya, pengantar sesi tinggal copi paste dari desain kelas online anda (yg file word).

    – Membuat sumber bacaan : Dibawah pengantar sesi misalkan sesi satu. Klik add a resources kemudian pilih compose a web page ( untuk membuat sumber bacaan seperti halnya di kelas online ini). maka akan terbuka dan isilah judulnya misalkan sesi 1 : bacaan dan sumber belajar. kemudian dibawahnya anda uraikan tujuan sesi 1 apa, rangkuman materinya apa, dimana mereka bisa menemukan sumber bacaan dan lain-lain. contohlah seperti bacaan di kelas online ini. kotak yang kedua copy dari kotak yang pertama dan pastekan jadi sama kotak pertama dan kedua sama (sebetulnya kotak satu pengatar. kota dua isinya). kemudian klik save and return to course paling bawah.

 –  Membuat forum diskusi: klik dibawah sesi pada halaman ruang kelas anda. dipinggi yang tadi yaitu ad an activity dan piluhlah forum. Isilah judul forum dengan forum diskusi sesi 1. kemudian buatlah pertanyaan diskusi seperti halnya yg disusun di desainpembelajaran. kemudian klik save and return to course.

– membuat forum e portofolio. langkah2nya sama seprti membuat forum diskusi.

– Lengkapilah semua sesi seuai dengan desain kelas online anda.

14. Jika anda telah selsai mengedit keseluruhan kelas maka anda. lihat sebelah atas kanan ataupun kiri (sesuai dengan tampilan kelas anda) ada urutan misalkan

  – ANDI (ini contoh berarti tampilan awal kelas online anda atau alamt kelas online anda)

  – CF101 (Ini berarti ruang kelas online anda)

 menu ini menunjukan bahwa kalau kita ingin ke tampilan awal klik andi (contoh), dan editlah tampilan awal kelas anda seperti halnya sip.mdl.gnomio.com misalkan ini adalah portal e learning pak asep dan seterusnya. tapi ingat seprti mengedit di ruang kelas kita harus mengklik turn editing on.

15. Membuat account baru sama seperti tadi klik pada site administration sebelah kiri  user kemudian account dan ad/edit user. dan klik ad new user.

16. untuk memasukan pengajar atau mahasiswa yang telah dibuat accountnya klik ruang kelas online anda (misalkan mata kuliah manajemen kelas) kemudian pada site sebelah kiri site adminsitration ada sign rule klik itu dan kemudian untuk memasukan pengajar klik teacher seperti langkah pada ini

“Contoh klik teacher maka akan muncul dua nama tadi (yaitu nama anda dan juga username asep yang tadi telah dibuat) kemudian klik nama anda dan juga nama asep iryanto kemudian klik ad . maka dua nama tersebut pindah ke sebalah kiri. Jika sudah selsai, setelah itu klik paling bawah assign rules incourse maka akan kembali ke format tadi.”

Silahkan mencoba langkah-langkah dari saya, semoga membantu:

Salam

Asep Iryanto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: