Menuju Guru Milenium (4T)

Empat rumus menuju guru milenium, sebagai kunci menuju guru masa depan Empat T dapat dijadikan salah satu pijakan dan pondasi. Empat pondasi tersebut diantaranya adalah:

1. Terbuka
2. Terampil
3. Terpercaya
4. Terukur

Guru harus terbuka, hal ini didasarkan kepada oerkembangan jaman yang sangat pesat dan menuntuk perubahan maka guru dituntut untuk terbuka kepada setiap perubahan yang ada. terbuka pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan terbuka pada segala masukan dan kritik dari segala pihak baik dari orang tua, masyarakat bahkan siswa sekalipun.

Dari sudut pandang terampil, saat ini guru dituntut harus terampil dalam mengajar, terampil dalam ICT dan terampil dalam bahasa.
Tidak cukup hanya terbuka dan terampil saja, guru abad millenium ini diharuskan terpercaya. Terpercaya yang dimaksud adalah dalam hal akademik. Artinya saat ini tidak bisa orang dengan mudah menjadi guru dalam artian profesional, harus dapat mampu membuktikannya dari sudut pandang akademik yaitu dari lembaga pendidikan mana dia berasal, pendidikan apa yang telah dilalui serta sfesifikasi apa yang dimiliki.

T terakhir dalam prinsif guru milineium adalah guru itu harus terukur, artinya guru saat ini, harus bisa terukur dari sudut pedagogical intelegent, Spiritual intelegent, emosional intelegent dan ethical intelegent. Mungkin saja dengan munculnya Uji kompetensi guru saat ini sebagai langkah awal mengukur guru. Tetapi pertanyaannya adalah apakah hanya guru saja ? bagaimana dengan KS ? bagaimana dengan pengawas ? Bagaimana dengan pegawai di dinas pendidikan ?
Salam
Asep Iryanto

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: