Pelaksanaan Forum Pemangku Kepentingan

Forum Pemangku Kepentingan dilaksanakan di Kabupaten Cianjur, tujuan dari pelaksanaan Forum Pemangku Kepentingan (FPK) adalah:

  1. Pemangku kepentingan mampu merefleksikan capaian kemajuan pendidikan di daerahnya pada akhir semester.
  2. Pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.
  3. Pemangku kepentingan dapat berbagi peran dapat saling berinteraksi dan berkolaborasi. Pemangku kepentingan mampu mereplikasi kegiatan forum pemangku kepentingan secara mandiri dan berkelanjutan

H-1 Persiapan:

Persiapan dilakukan pada h-1 pelaksanaan kegiatan yaitu pada hari Senin yang disiapkan adalah lokasi kegiatan seperti penataan tempat pelaksanaan pleno dan juga penataan ruang kelas untuk kelompok kecil per kelas. pada h-1 juga dilakukan Gladi bersih acara dari mulai pelaksanaan pembukaan sampai pada penutupan.

Pelaksanaan

Pada hari pelaksanaan di pagi hari dilakukan pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur sekaligus juga mengumumkan beberapa penghargaan kepada sekolah yang mendapatkan predikat terbaik dalam implementasi kurikulum Merdeka seperti: jenjang TK adalah TK Pembina Cianjur jenjang SD adalah SDN Sukaresmi jenjang SMP adalah SMP Negeri 1 Cianjur jenjang SMA adalah SMA Negeri 2 Cianjur dan jenjang SLB adalah SLB Pembina Cianjur.

 Setelah pembukaan dilakukan pemaparan kesinambungan program sekolah penggerak oleh BB PMP yang dilakukan oleh ibu Dini memaparkan terkait kesinambungan program sekolah penggerak angkatan 1 dan angkatan 2.

 Setelah itu dilakukan pembagian pada kelompok kecil untuk masing-masing fasilitator sekolah penggerak yaitu dibagi menjadi tiga kelas kelas A kelas B dan kelas C saya sendiri yaitu Asep Iryanto.

Di dalam kelas kecil dilakukan orientasi terlebih dahulu seperti pembentukan kelompok dan juga perkenalan dari peserta. kelompok dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari kelompok 1 SMP angkatan 1 dan angkatan 2 kelompok 2 SMP angkatan 1 dan angkatan 2 kemudian kelompok 3 SMA angkatan 1 dan juga SMA angkatan 2 serta SLB kelompok 4 SMA angkatan 1 dan SMA angkatan 2 serta SLB.

 Setelah orientasi, Peserta masing-masing kelompok melihat kembali impian yang ingin diwujudkan dalam sekolah impian yang telah disusun oleh angkatan 1 kemudian angkatan 2 menambahkan sekolah impian tersebut. untuk lebih memfokuskan diarahkan terlebih dahulu menyusun kriteria-kriteria sekolah impian baru memvisualisasikannya dalam bentuk gambar. setelah selesai kriteria dan sekolah impian yang telah direvisi maka dilakukan kunjung Karya antar kelompok.

Kemudian pada sesi berbagi praktek baik setiap peserta memberikan atau berbagi praktik baik yang telah dilakukan di sekolahnya baik dalam implementasi kurikulum Merdeka perencanaan berbasis data digitalisasi sekolah ekosistem sekolah atau yang lainnya. berikut adalah video praktik baik yang telah disusun dan dibagikan kepada peserta : https://sites.google.com/instruktur.belajar.id/praktik-baik-psp-cianjur/praktik-baik-tahun-2023  

Di akhir setelah melihat dan mendengarkan praktik baik dari peserta lain si kelompok diarahkan untuk melihat kriteria gambaran sekolah impian yang sudah disusun sebelumnya kemudian mengaitkan praktik baik yang sudah dilakukan Dan kemudian mereka menulis dalam post it dan menempelkan di Plano praktik baik yang sudah dilakukan telah mencapai kriteria sekolah impian yang telah disusun.

Kemudian peserta menyusun strategi dengan membuat format rencana tindak lanjut satuan pendidikan dan hasilnya adalah sebagai berikut : https://drive.google.com/drive/folders/1tX4_DA7V_VZdzH1A7K0V11e7hNxJ-yRw?usp=sharing  

Setelah itu peserta mengupload kan praktek baik rtl di dalam Google form dan terakhir peserta melakukan refleksi kegiatan forum pemangku kepentingan dengan 4P peristiwa yang telah dilalui, perasaan yang terjadi pembelajaran yang didapatkan selama pelaksanaan forum pemangku kepentingan dan juga program kedepan atau perbaikan ke depan yang akan dilakukan setelah kegiatan FPK.

 peserta kemudian diarahkan kembali lagi ke ruangan pleno untuk dilakukan penutupan dan rencana tindak lanjut secara keseluruhan serta penandatanganan komitmen yang dipandu langsung oleh bbpmp acara selesai tepat pada jam 5 sore WIB.

Tinggalkan komentar